Selasa, 01 Oktober 2013

Analisis Kandungan Softdrink Terhadap Daya Tahan Tubuh Anak - Anak



Hampir 70 % tubuh manusia adalah cairan yang berfungsi sebagai penyeimbang suhu tubuh. Cairan tersebut  berasal dari makanan atau minuman yang kita konsumsi setiap harinya. Semakin baik dan berkualitas  makanan dan minuman yang  kita konsumsi maka suhu tubuh akan seimbang. Sebaliknya jika makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak memenuhi syarat kesehatan, tentunya akan mempengaruhi  tubuh manusia. Di Indonesia jenis minuman yang dapat dikonsumsi sangat beragam mulai dari minuman ringan sampai pada minuman yang berkadar alkohol tinggi, hampir semua jenis minuman yang ada  memanfaatkan bahan pengawet sebagai bahan tambahan dalam minuman, agar minuman tersebut  tahan lama dan tidak berubah warna.
Minuman ringan di Indonesia dikenal dengan nama softdrink, dengan asumsi bahwa selain kadar gulanya tinggi minuman ini memang ringan status gizinya. Artinya minuman tersebut tidak memiliki zat gizi yang berarti bagi tubuh. Softdrink merupakan minuman ringan yang disajikan dengan berbagai rasa, warna, aroma dan merek dagang yang berbeda ditambah lagi dengan harga yang  terjangkau. Rasa, warna dan aroma pada minuman ringan ini bukanlah asli diambil dari bahan alami melainkan hasil sintetis dari bahan kimia yang bisa menimbulkan penyakit bagi konsumen. Selain itu pada minuman ringan atau softdrink mengandung kadar gula tinggi dengan takaran antara 4-15 sendok teh, padahal batas normal yang dianjurkan hanya 8 - 11 sendok teh saja (Anonim: 2001)
            Minuman ringan atau softdrink  merupakan minuman favorit atau kesukaan bagi berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan ibu-ibu hamil mengkonsumsinya. Penyebaran minuman ringan atau softdrink ini tidak hanya terbatas pada daerah perkotaan saja, melainkan juga telah menyebar sampai daerah terpencil sehingga sangat mudah untuk di dapatkan. Dan sampai hari ini  di kantin-kantin sekolah  softdrink tersedia  dengan berbagai kemasan dan aneka rasa.
            Sekolah  merupakan pusat pendidikan yang menjalankan program-program sekolah secara terpadu.  Salah satu program sekolah yang merupakan wadah penjamin  hidup sehat, dan derajat kesehatan peserta didik  sedini mungkin di sekolah seharusnya memperhatikan masalah ini. Sekolah dengan programnya merupakan  wadah yang bertujuan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta derajat kesehatan peserta didik, menciptakan lingkungan sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya,  anonim (2009:3).
  Salah satu kegiatan yang diprogramkan sekolah saat  ini adalah pembentukan kantin sekolah sehat. Terkait dengan program inilah  tersediaan makanan dan minuman di kantin sekolah harus menjadi perhatian. Kantin sekolah sehat bertujuan untuk menjamin ketersediaan makanan dan minuman  yang ada di sekolah yang memenuhi kadar kualitas kesehatan yang tidak mengganggu  kesehatan peserta didik. Jadi  peran sekolah dengan programnya dalam menjamin mutu kesehatan dari segi ketersediaan makanan dan minuman yang ada  di kantin sekolah sangat  besar.
Penelitian ini berawal dari seorang siswa yang pernah mengkonsumsi minuman softdrink dalam jumlah yang cukup banyak, mendadak merasakan lemah seluruh persendiannya. Selain itu, banyaknya anak-anak yang menderita gangguan pencernaan yang parah serta tingginya anak-anak yang menderita karies gigi membuat penulis sangat tertarik untuk melakukan penelitian ini. Akan tetapi kebanyakan orang masih meragukan pernyataan bahwa softdrink berbahaya bagi kesehatan terutama para remaja dan anak-anak. Mereka meragukan karena mungkin sampai sekarang ini belum ( bukan berarti tidak akan)  merasakan langsung efek negatif dari softdrink bagi tubuh mereka sendiri.
             Beberapa tulisan dan  sejumlah informasi yang relevan ternyata menyatakan hal yang sama. Informasi-informasi yang diperoleh dari media massa dan beberapa situs menyatakan  bahwa softdrink dinyatakan sebagai minuman yang tidak bersyarat bagi kesehatan.
1.2 Uraian Singkat Mengenai Gagasan Kreatif dan Inovatif
Berangkat dari latar belakang yang telah dipaparkan di atas, maka peneliti tertarik untuk mengkaji dan membuktikan kebenaran informasi mengenai bahaya softdrink  bagi kesehatan. Melalui beberapa jenis minuman ringan atau softdrink dari berbagai rasa, akan dicampur dengan indikator logam pita magnesium. Logam  Magnesium adalah logam yang agak kuat, putih keperakan, ringan (satu pertiga lebih ringan daripada aluminium) dan akan menjadi kusam sekiranya di biarkan pada udara, walaupun berlainan dar ipada logam alkali. Melalui indikator pita magnesium yang dimasukkan ke dalam kemasan minuman maka diharapkan akan dapat  diamati reaksi yang ditimbulkan  yang terjadi  pada minuman  logam  pita magnesium. Selanjutnya minuman juga dimasukkan seekor ikan segar dengan tujuan untuk melihat reaksi yang terjadi akibat dari pencampuran ikan dengan softdrink tersebut. Dalam waktu 10 hari berturut-turut akan dilakukan pengamatan  terhadap softdrink. Bagaimanakah reaksi yang ditimbulkan? Bagaimanakah kondisi indikator yang direndam dalam minuman?  Apa penyebab terjadinya perubahan tersebut?
 Bertolak dari paparan ini  dilakukan pengamatan terhadap beberapa jenis softdrink yang dicampur dengan logam, dan ikan segar. Pemberian logam dalam kadar tertentu dan ikan segar dimaksudkan untuk melihat seberapa cepat proses reaksi yang terjadi ketika dilakukan pencampuran tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, pengamatan terhadap reaksi dari softdrink yang dimasukkan indikator logam dan ikan segar dilakukan setaip hari berturut-turut selama 10 hari. Dari hasil pengamatan ini dilakukan pencatatan hasil pengamatan dalam bentuk tabel. Hasil pengamatan inilah nantinya diperoleh kesimpulan yang akan menjawab kebenaran informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar