Rabu, 02 Oktober 2013

Masker Klorofil Dari Daun Kembang Sepatu (Hibiscus Rosa-Sinensis L)



Berkembangnya industri di seluruh dunia ternyata selain memberikan suatu kemajuan yang pesat ternyata dapat memberikan suatu efek negatif terhadap masyarakat di sekitarnya. Sering kali aktivitas manusia tersebut menimbulkan masalah lingkungan yang cukup kompleks seperti pencemaran lingkungan yaitu masuknya polutan berbahaya ke dalam lingkungan sehingga dapat berbahaya bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia seperti polusi udara.
Polusi udara dapat berbahaya bagi manusia karena media pencemaran polutannya berwujud gas yang mudah terhirup oleh manusia. Gas berbahaya tersebut jika terus menerus terhirup dalam konsentrasi yang tinggi dapat menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan manusia seperti gangguan pernafasan dan sebagai salah satu faktor pemicu timbulnya radikal bebas.
Radikal bebas merupakan jenis oksigen berlebih yang memiliki tingkat reaktif yang tinggi dan secara alami ada didalam tubuh sebagai hasil dari reaksi biokimia di dalam tubuh. Radikal bebas dpt merusak sel tubuh apabila tubuh kekurangan zat anti oksidan atau saat tubuh kelebihan radikal bebas. Hal ini menyebabkan berkembangnya sel kanker,penyakit hati, arthritis, katarak, dan penyakit degeneratif  lainnya, bahkan mempercepat proses penuaan. (Rachmawati, 2010) Untuk mencegah atau mengurangi penyakit kronis karena radikal bebas diperlukan antioksidan.
Antioksidan adalah substansi yang diperlukan tubuh menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Berdasarkan asalnya, antioksidan terdiri atas antioksigen yang berasal dari dalam tubuh dan dari luar tubuh. Adakalanya sistem antioksidan yang dihasilkan dari dalam tubuh ini tidak cukup mampu memecah spesi oksigen reaktif. (Anonim, 2011) Oleh karena itu, diperlukan antioksidan dari luar  untuk mengatasinya. Antioksidan alami dapat ditemukan pada sayuran, buah-buahan, tumbuhan berkayu.
Indonesia yang merupakan salah satu kawasan megabiodiversitas yang berarti memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi tentunya banyak memilki tanaman yang berpotensial mengandung antioksidan alami. Salah satu bentuk penggunaan antioksidan adalah dengan dengan memakai ekstrak daun kembang sebagai masker klorofil yang memiliki kemampuan untuk menyerap radikal bebas. Hal ini karena klorofil memilki kandungan zat antioksidan dan daun kembang sepatu juga memilki senyawa yang bersifat antioksidan pula seperti flavonoid, saponin, dan polifenol. Senyawa polifenol juga memiliki kemampuan sebagai anti penuaan dini (Anti-aging). (Anonim, 2011). 
 Gambar 1. Bunga Sepatu  (Hibiscus rosa-sinensis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar